Senin, 09 Juli 2018

Masa Remaja - Periode Yang Benar-Benar Penting


Menurut Wolman, "masa remaja adalah tahap perkembangan transisi antara masa kanak-kanak dan dewasa." Ini adalah periode, ketika anak-anak muda mengembangkan pemikiran abstrak, kesadaran seksualitas mereka dan pengelompokan teman sebaya juga. Ini adalah waktu ketika anak-anak mulai mengambil tanggung jawab baru, membangun pencarian identitas mereka dan memulai perjalanan untuk menemukan tempat di dunia.

Dari sudut pandang biologis, masa remaja adalah masa 'bencana', ketika orang menghadapi sejumlah besar tekanan biologis dan emosional pada tahap ini. Dimulainya pubertas menyatakan pencapaian remaja dalam kehidupan seseorang. Suara "retak",  jerawat, pembesaran skrotum dan testis, jerawat pada wajah adalah beberapa perubahan fisik yang umumnya dihadapi anak laki-laki pada periode ini. Sedangkan onset menstruasi pertama, pertumbuhan sistem reproduksi, menjadi berbulu, menyusut suara, banyak jerawat di wajah adalah beberapa tanda-tanda fisik yang menunjukkan remaja di kalangan perempuan.

Dengan perubahan mendadak ini, anak-anak muda mulai berperilaku tidak nyaman. Mereka sering ditemukan dalam ketegangan emosional. Situasi sosial baru, pola perilaku dan harapan masyarakat meninggalkan mereka dalam situasi tidak aman dan depresi dan dalam waktu yang berarti; mereka mengembangkan dorongan impulsif di dalam untuk mengambil tindakan segera. Remaja sering menghadapi krisis identitas. Mereka sering berjuang untuk identitas individu, nilai-nilai dan keyakinan mereka sendiri. Perubahan perilaku ini kadang-kadang bisa berakhir dengan ketidakmampuan menyesuaikan diri.

Sementara itu, remaja memulai peer-grouping, menciptakan grup teman dengan minat yang sama dan tampaknya hidup di dunia mereka sendiri. Pengaruh kelompok sebaya tampaknya lebih kuat pada sikap, nilai, dan perilaku mereka daripada keluarga mereka sendiri. 'Pubertas' memainkan peran roller-coaster emosional di dalam semua perubahan perilaku ini. Bersama dengan remaja, orang tua mereka juga merasa frustrasi ketika berhadapan dengan perilaku ayunan mereka yang terbang tinggi dalam satu menit, dan kemudian berubah kesal di hari berikutnya.

Tetapi dengan beberapa perkembangan intelektual yang positif, bukti remaja menjadi fase yang paling terlihat dan menarik itu sendiri. Ide-ide logis, kreatif dan inovatif muncul di periode ini. Remaja juga mengembangkan minat mereka dalam urusan dunia, politik dan pemerintahan. Keinginan yang tulus untuk membantu orang lain, pekerjaan sosial, mengatur acara amal untuk membantu orang miskin adalah beberapa penyebab mulia yang tampaknya dilibatkan remaja.

Apakah perkembangan perilaku negatif atau positif yang dikembangkan seorang remaja, adalah kewajiban moral orang dewasa untuk menawarkan bantuan kepada remaja, yang membantu mereka mengatasi ketidakmampuan menyesuaikan diri. Orangtua harus selalu mendukung dan mendorong putra atau putri remaja mereka untuk mendiskusikan perasaan mereka untuk mengurangi tingkat stres. Selain itu orang tua dan orang dewasa di masyarakat kita harus mendorong sikap positif generasi masa depan muda ini. Karena, penuh dengan energi, kreativitas, keingintahuan dan kekuatan; anak-anak muda ini menggambarkan potensi besar untuk mengubah dunia dengan cara yang menakjubkan, membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik bagi semua orang.

Dalam kata-kata Nelson Mandela, "Anak-anak muda sayangku: Saya melihat cahaya di mata Anda, energi di tubuh Anda dan harapan yang ada di dalam roh Anda. Saya tahu itu adalah Anda, bukan saya, yang akan membuat masa depan. apakah Anda, bukan saya, yang akan memperbaiki kesalahan kita dan meneruskan semua yang benar di dunia.

Share on :


Related post:


0 komentar:

Posting Komentar

Ingin berkomentar tapi gak punya blog? pilih "Anonymous" di 'kolom Beri Komentar Sebagai'. Komentar anda akan segera muncul.