Jumat, 21 Maret 2014

Teori Remaja (Adolescence)



Remaja berasal dari kata Latin adolescence dan kata bendanya, adolescentia yang berarti tumbuh menjadi dewasa (Huclock, tanpa tahun). Para ahli berbeda-beda dalam memberi pengertian remaja. Hal ini disebabkan karena dalam memberi pengertian remaja ada beberapa variabel yang tidak dapat diabaikan seperti budaya dan kepribadian.
Menurut Santrock (2003) remaja adalah suatu perkembangan transisi antara masa anak-anak dan masa dewasa yang mencakup perubahan biologis, kognitif, dan sosial-emosional. Wulandari (2010) mengatakan bahwa pada masa remaja masa transisi terjadi dua kali, pertama masa transisi dari anak-anak ke remaja awal, kedua transisi dari remaja akhir ke dewasa.
Masa remaja adalah masa peralihan perkembangan dari masa anak-anak ke masa dewasa yang mengandung perubahan besar pada aspek fisik, kognitif dan psikososial (Papalia, Old, Fieldman, 2008). Masa remaja merupakan masa penyesuaian, yaitu individu mulai masuk dan menghadapi lingkungan orang dewasa yang memiliki peraturan serta norma tersendiri yang harus dipatuhi.
Menurut Piaget (dalam Hurlock, tanpa tahun) secara psikologis masa remaja adalah usia dimana individu berintegrasi dengan masyarakat  dewasa, dimana anak tidak lagi merasa dibawah tingkat orang-orang yang lebih tua melainkan berada dalam tingkatan yang sama, sekurang-kurangnya dalam masalah hak. Pada masa ini juga terjadi perubahan intelektual yang mencolok yang ditunjukkan dalam cara berfikir, yang memungkinkan individu untuk dapat mencapai integrasi dalam hubungan sosial dengan orang-orang dewasa.
Dari uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa masa remaja merupakan masa transisi dari masa anak-anak menuju masa dewasa, dimana pada setiap masa terjadi perubahan dari segi biologis, kognitif, dan psikososial.
***
Untuk referensi bisa ditanyakan melalui akun facebook saya. Terimakasih
Share on :


Related post:


0 komentar:

Posting Komentar

Ingin berkomentar tapi gak punya blog? pilih "Anonymous" di 'kolom Beri Komentar Sebagai'. Komentar anda akan segera muncul.