Jumat, 21 Maret 2014

Seputar Weschsler-Bellevue Intelligence Scale (WBIS)


INTELLIGENCE QUOTIENTS TABLES

Weschsler-Bellevue Intelligence Scale

Weschsler-Bellevue Intelligence Scale (WBIS) adalah salah satu alat tes yang digunakan untuk mengukur kecerdasan atau inteligensi.
WBIS terdiri dari 10 subtes, yaitu :
1.    Information ialah subtes untuk melihat pengetahuan umum pada testi yang terdiri dari 25 pertanyaan.
                   Instruksi: Berikut ini saya akan ajukan beberapa pertanyaan yang mengangkut pengetahuan umum. Dengarkan baik-baik. Jawablah secara lisan. Katakan tidak tahu jika saudara tidak dapat menjawabnya.
2.    Komprehension ialah subtes untuk melihat pengetahuan umum yang bersifat praktis pada testi.
Instruksi: Tes berikut ini merupakan pertanyaan-pertanyaan yang menyangkut pengetahuan umum yang bersifat praktis. Jawablah sesuai dengan hal yang biasa saudara lakukan atau setidaknya apa yang akan saudara lakukan.
3.    Digit Span ialah subtes untuk melihat kemampuan konsentrasi testi mengingat deret angka yang terdiri dari deret maju dan deret mundur.
Instruksi         : a. Deret maju, akan saya sebutkan beberapa angka. Dengarkanlah baik-baik dan kalau saya selesai mengucapkannya segeralah saudara mengulangi angka-angka tersebut dimulai dari awal.
b. Deret mundur, sekarang akan saya sebutkan beberapa angka sepert tadi. Tetapi kali ini, jika saya selesai mengucapkannya hendaknya saudara mengulangi secara mundur atau saudara ulangi angkanya dari belakang.
4.    Arithmatic ialah subtes untuk melihat kemampuan testi dalam berhitung yang terdiri dari 10 pertanyaan dan masing-masing pertanyaan telah ditentukan waktu dalam penyelesaiannya.
Instruksi         :Saya ingin mengetahui kecekatan saudara dalam berhitung. Saudara jawab secara lisan begitu sayan selesai membacakan soal. Untuk nomor 9 dan 10, akan diberikan soal secara tertulis dan saudara diminta untuk membacanya sendiri dengan bersuara.
5.    Similarities ialah subtes untuk melihat kemampuan mengkategorisasikan suatu objek.
Instruksi: Akan saya sebutkan dua nama benda yang ada persamaannya atau dalam beberapa hal serupa, dan hendaknya saudara terangkan dalam hal apa kedua benda itu sama.
6.    Picture Arrangement yaitu subtes untuk melihat susunan gambar sehingga membentuk sebuah cerita yang logis.
Instruksi: Kepada saudara akan saya berikan beberapa potongan gambar, susunlah gambar-gambar tersebut menjadi sebuah cerita yang logis.
7.    Picture Completion yaitu subtes untuk melihat ketelitian testi dalam mencari detail gambar yang hilang.
Instruksi         : Saya memperlihatkan beberapa buah gambar kepada saudara. Pada setiap gambar ada bagian penting yang hilang. Perhatikanlah dengan sungguh-sungguh setiap gambar, dan sebutkanlah bagian penting yang hilang itu.
8.    Block Design yaitu subtes untuk melihat kemampuan testi dalam mengimitasi suatu objek.
Instruksi: Saya akan memberikan beberapa balok secara bertahap. Saudara dapat melihat balok-balok ini berbeda corak dan warnanya pada masing-masing sisinya. Tugas saudara ialah menyusun kubus-kubus seperti pola yang saya perlihatkan.
9.    Object Aseembley yaitu subtes untuk melihat kemampuan testi untuk menyusun kepingan suatu benda sehingga menjadi suatu bentuk tertentu.
Instruksi: Sekarang akan saya sajikan kepingan-kepingan. Jika kepingan-kepingan tersebut disatukan, akan menjadi suatu bentuk tertentu. Susunlah kepingan-kepingan tersebut secepatnya.
10. Digit Symbol yaitu subtes untuk melihat kemampuan testi dalam konsentrasi.
Instruksi: lihatlah kotak-kotak ini terbagi dua, atas dan bawah. Bagian atas terdiri dari angka-angka sedangkan bagian bawahnya terdapat tanda-tanda tertentu. Angka dan tanda ini berpasangan tetap.

Share on :


Related post:


0 komentar:

Posting Komentar

Ingin berkomentar tapi gak punya blog? pilih "Anonymous" di 'kolom Beri Komentar Sebagai'. Komentar anda akan segera muncul.