Jumat, 21 Maret 2014

Teori Efikasi Diri



Teori efikasi diri berasal dari teori belajar sosial dari Bandura. Efikasi diri adalah penilaian diri, apakah dapat melakukan tindakan yang baik atau buruk, tepat atau salah, mampu atau tidak mampu mengerjakan sesuai dengan yang dipersyaratkan (Bandura, 1997). Efikasi ini berbeda dengan aspirasi (cita-cita), karena cita-cita menggambarkan sesuatu yang ideal yang seharusnya dapat dicapai, sedang efikasi menggambarkan penilaian kemampuan diri (Alwisol, 2009).
 Pervin (Smet, 1994) mengatakan bahwa efikasi diri mengacu pada kemampuan yang dirasakan untuk membentuk perilaku yang relevan pada tugas atau situasi khusus. Bandura (1997) menjelaskan bahwa efikasi diri berkaitan dengan keyakinan seseorang bahwa ia dapat mempergunakan kontrol pribadi pada motivasi, perilaku dan lingkungan sosialnya.
Menurut Bandura (1977) efikasi diri adalah keyakinan seorang individu mengenai kemampuannya dalam mengorganisasi dan menyelesaikan suatu tugas yang diperlukan untuk mencapai hasil tertentu. Efikasi diri yakni keyakinan bahwa seseorang mampu menguasai situasi dan mendapatkan hasil positif. Selanjutnya Bandura (1997) mengatakan bahwa efikasi diri berpengaruh besar terhadap perilaku.
Bandura (1997) menyatakan bahwa efikasi diri adalah salah satu komponen dari pengetahuan tentang diri (self knowledge) yang paling berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Bandura juga menegaskan bahwa semua proses perubahan psikologis dipengaruhi oleh efikasi diri. Sementara menurut Wood dan Bandura (Diah, 2011) efikasi diri merupakan kepercayaan tentang kemampuan seseorang dalam mengarahkan motivasi, sumber daya kognisi, dan menentukan tindakan yang dibutuhkan untuk mencapai suatu situasi yang diinginkan.
Efikasi diri merupakan salah satu potensi yang ada pada faktor kognisi manusia yang merupakan bagian dari penentu tindakan manusia selain lingkungan dan dorongan internal. Bandura (1997) menyatakan bahwa efikasi diri merupakan aspek yang paling penting dari persepsi yang merupakan bagian fungsi kognisi.
Dari berbagai teori mengenai efikasi diri di atas, dapat disimpulkan bahwa efikasi diri adalah keyakinan seseorang terhadap kemampuan dirinya dalam menyelesaikan suatu masalah untuk mencapai hasil tertentu. 

***
Untuk referensi bisa ditanyakan melalui akun facebook saya. Terimakasih
Share on :


Related post:


0 komentar:

Posting Komentar

Ingin berkomentar tapi gak punya blog? pilih "Anonymous" di 'kolom Beri Komentar Sebagai'. Komentar anda akan segera muncul.