Rabu, 26 Maret 2014

Sumber-Sumber Dukungan Sosial


Sumber dukungan sosial merupakan aspek paling penting untuk diketahui dan dipahami. Dengan demikian, seseorang akan tahu kepada siapa individu akan mendapatkan dukungan sosial sesuai dengan situasi dan keinginannya yang spesifik, sehingga dukungan sosial memiliki makna yang berarti bagi kedua belah pihak.
Menurut Rook dan Dooley (dalam Nurmalasari, 2007) ada dua sumber dukungan sosial yaitu:
a.    Sumber natural
Dukungan sosial yang natural diterima seseorang melalui interaksi sosial dalam kehidupannya secara spontan dengan orang-orang yang berada di sekitarnya, misalnya anggota keluarga, teman dekat atau relasi. Dukungan sosial ini bersifat non formal.
b.    Sumber artifisial
Dukungan sosial artifisial adalah dukungan sosial yang dirancang ke dalam kebutuhan primer seseorang, misalnya dukungan sosial akibat bencana alam melalui berbagai sumbangan sosial.
Sumber dukungan sosial yang bersifat natural berbeda dengan sumber dukungan sosial yang bersifat artifisial dalam sejumlah hal. Perbedaan tersebut terletak dalam hal sebagai berikut:
a.    Keberadaan sumber dukungan sosial natural bersifat apa adanya  tanpa dibuat-buat sehingga lebih mudah diperoleh dan bersifat spontan
b.    Sumber dukungan sosial yang natural memiliki kesesuaian dengan norma yang berlaku tentang kapan sesuatu harus diberikan
c.    Sumber dukungan sosial yang natural berakar dari hubungan yang telah berakar lama
d.    Sumber dukungan sosial yang natural memiliki keragaman dalam penyampaian dukungan sosial, mulai dari pemberian barang-barang nyata hingga sekedar menemui seseorang dengan menyampaikan salam.
e.    Sumber dukungan sosial yang natural terbebas dari beban dan label psikologis.

Sebelumnya saya telah memposting tentang Pengertian Dukungan Sosial Teman Sebaya
Share on :


Related post:


0 komentar:

Posting Komentar

Ingin berkomentar tapi gak punya blog? pilih "Anonymous" di 'kolom Beri Komentar Sebagai'. Komentar anda akan segera muncul.