Rabu, 26 Maret 2014

Pengertian dan Aspek-Aspek Kualitas Persahabatan


Secara umum persahabatan adalah di mana dua orang mengahabiskan waktu bersama berinteraksi dalam berbagai situasi dan menyediakan dukungan emosional (Baron dan Bryne, 2005). Sedangkan Shaffer (2005) mengatakan persahabatan adalah sebagai sebuah hubungan yang kuat dan bertahan lama antara dua individu yang dikarakteristikkan dengan kesetiaan, kekariban, dan saling menyayangi.
Kualitas persahabatan menurut Mandelson adalah suatu proses bagaimana fungsi persahabatan (hubungan pertemanan, pertolongan, keintiman, kualitas hubungan yang dapat diandalkan, pengakuan diri, rasa aman secara emosional) terpuaskan. Dan menurut Hartup kualitas persahabatan adalah hubungan persahabatan yang mcmiliki aspek kualitatif pertemanan, dukungan dan konflik. Kualitas persahabatan ditentukan bagaimana suatu hubungan persahabatan berfungsi secara dan bagaimana pula seseorang dapat menyelesaikan dengan baik-baik apapun konflik yang ada. (dalam Brendgen,2001)
Berndt (2002) mengistilahkan ciri-ciri persahabatan yang positif dan negatif sebagai kualitas persahabatan. Ciri-ciri positif dari kualitas persahabatan yang dimaksud yaitu pembukaan diri {self disclosure), keakraban (intimacy), dukungan dalam harga diri (Self esteem support), kesetiaan (loyality) dan pcrilaku sosial (prosoeial behavior). Sedangkan ciri-ciri negatif dari kualitas persahabatan menurut Bemdt (2002) yang dimaksud adalah persaingan dan konflik.

Aspek-Aspek Kualitas Persahabatan
Menurut Parker dan Asher (1993) terdapat enam aspek kualitas persahabatan yaitu:
a.       Dukungan dan kepedulian (validation and caring)
Adalah sejauh mana hubungan ditandai dengan kepedulian, dukungan dan minat.
b.       Pertemanan dan rekreasi (companionship and recreation) adalah sejauh mana menghabiskan waktu bersama dengan teman-teman baik di dalam maupun di luar lingkungan akademik atau kerja.
c.       Bantuan dan bimbingan (help and guidance)
Adalah sejauh mana teman-teman berusaha membantu satu sama lain dalam menghadapi tugas-tugas rutin dan menantang.
d.       Pertukaran yang akrab (intimate change)
Adalah sejauh mana hubungan ditandai dengan pengungkapan informasi pribadi dan perasaan.
e.       Konflik dan penghianatan (conflict and betrayal)
Adalah sejauh mana hubungan ditandai dengan argumen, perselisihan, rasa kesal, dan ketidakpercayaan.

 Artikel sebelumnya yaitu tentang Sumber-Sumber Dukungan Sosial
Share on :


Related post:


0 komentar:

Posting Komentar

Ingin berkomentar tapi gak punya blog? pilih "Anonymous" di 'kolom Beri Komentar Sebagai'. Komentar anda akan segera muncul.