Jumat, 21 Maret 2014

Karakteristik Harga Diri dalam Psikologi


Harga diri yang dimiliki oleh seseorang memiliki karakteristik tertentu. Menurut konsep Coopersmith (1967) karakteristik harga diri terbagi atas enam, yaitu:
a.    Memiliki penerimaan atas dirinya
Individu yang memiliki penilaian positif terhadap dirinya yang ditunjukkan oleh kemampuan individu bahwa dirinya diterima oleh lingkungannya, menerima diri apa adanya, dan bersyukur dengan apa yang dimilikinya.
b.    Memiliki rasa percaya diri
Sikap positif yang dimiliki individu yang mampu mengembangkan penilaian positif terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan dan situasi yang dihadapinya.
c.    Merasa diri mampu
Individu yang memiliki perasaan mampu terhadap dirinya dalam menghadapi masalah kehidupannya.
d.   Merasa diri penting
Perasaan merasa diri penting muncul dari dalam diri individu yang memandang penting dirinya dan didukung dengan penilaian yang positif dari lingkungannya.
e.    Memiliki keinginan untuk sukses
Keinginan yang dimiliki individu untuk mencapai suatu impian yang dapat menghasilkan prestasi yang membanggakan.
f.     Merasa berarti
Memiliki rasa kepedulian dengan lingkungan sekitar dan dapat berempati dengan kesusahan yang dipahami orang lain, adanya penilaian di dalam individu dan afeksi yang didapat dari kemampuan maupun rasa hormat orang lain terhadap seorang individu membuat hidupnya lebih berarti dalam menjalankan kehidupan. 

***
Untuk referensi bisa ditanyakan melalui akun facebook saya. Terimakasih
Share on :


Related post:


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Referensi nya boleh di share mbak? Kebetulan saya lagi cari ini

Posting Komentar

Ingin berkomentar tapi gak punya blog? pilih "Anonymous" di 'kolom Beri Komentar Sebagai'. Komentar anda akan segera muncul.