Rabu, 19 Maret 2014

Pengertian Harga Diri dalam Psikologi

Harga diri adalah kata yang banyak digunakan dalam psikologi. Harga diri adalah pandangan individu terhadap nilai dirinya atau bagaimana seseorang menilai, mengakui, menghargai, atau menyukai dirinya sendiri (Lubis, 2009). Defenisi harga diri yang paling banyak dipakai adalah oleh Rosenberg (dalam Lubis, 2009), yang menggambarkan harga diri sebagai sikap suka atau tidak suka terhadap diri sendiri.
Harga diri merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan perilaku individu. Setiap orang menginginkan penghargaan yang positif terhadap dirinya, sehingga seseorang merasakan bahwa dirinya berguna atau berarti bagi orang lain meskipun dirinya memiliki kelemahan baik secara fisik maupun secara mental (Maslow, dalam Lubis, 2009).
Branden (dalam lubis, 2012) menyatakan bahwa harga diri adalah salah satu aspek kepribadian yang merupakan kunci terpenting dalam pembentukan perilaku seseorang, karena hal ini berpengaruh pada proses berpikir, tingkat emosi, keputusan yang diambil bahkan pada nilai-nilai dan tujuan hidup seseorang yang memungkinkan manusia menikmati dan menghayati kehidupan, sehingga seseorang gagal memilikinya akan cenderung mengembangkan gambaran harga diri yang semu untuk menutupi kegagalannya itu.
Harga diri merupakan nilai yang ditanamkan dan menunjukkan pada orientasi positif dan negatif dari diri individu itu sendiri. Harga diri berasal dari seluruh pikiran, perasaan, sensasi dan pengalaman yang telah dikumpulkan sepanjang rentang kehidupan (Clemes, Bean dan Clark, 1995). Coopersmith (1967) mendefenisikan harga diri sebagai evaluasi yang dibuat oleh individu dan biasanya mempertahankan segala sesuatu yang berkenaan dengan dirinya sendiri.
Burns (1993) mendefenisikan harga diri adalah perasaan bahwa “diri” itu  penting dan efektif dan melibatkan pribadi yang sadar akan dirinya. Selanjutnya Rosenberg mengatakan, harga diri merupakan suatu sikap positif atau negatif terhadap diri sendiri.
Menurut Myers (2012) harga diri adalah evaluasi diri seseorang secara keseluruhan. Sikap seseorang terhadap dirinya sendiri dalam rentang dimensi positif dan negatif. Harga diri sebagai evaluasi yang dibuat oleh individu mengenai hal-hal yang berkaitan dengan dirinya, yang mengekspresikan suatu sikap setuju atau tidak setuju dan menunjukkan tingkat dimana individu itu meyakini diri sendiri bahwa dia mampu, penting, berhasil dan berharga.

***
Untuk referensi bisa ditanyakan melalui akun facebook saya. Terimakasih
Share on :


Related post:


0 komentar:

Posting Komentar

Ingin berkomentar tapi gak punya blog? pilih "Anonymous" di 'kolom Beri Komentar Sebagai'. Komentar anda akan segera muncul.